Monday, September 14, 2009
biasakanlah mengkonsumsi ikan

para peneliti dari harvard school of public health yang mempelajari hubungan antara konsumsi ikan dengan resiko serangan jantung pada pria menemukan bahwa pria yang makan ikan sekitar 2 kali perbulan, mampu meringkankan resiko serangan jantung ishemic- saluran darah ke daerah tertentu dalam otak terganggu secara signifikan jika dibandingkan dengan pria yang makan ikan lebih sedikit atau bahkan tidak makan ikan sama sekali.
hal ini jg di dukung oleh Prof.dr.ir. Made Astawan Ms,kepala laboratorium Biokimia pangan dan Gizi Institut pertanian bogor. menurutnya dibandingkan dengan lemak hewani lainnya, lemak ikan sangat sedikit mengandung kolestrol. dan yang pasti hal ini sangat menguntungkan bagi kesehatan karena kolestrol yang sangat berlebihan dapat menyebabkan terjadinya penyumbatan pembuluh darah dan memicu penyakit jantung koroner.
penelitian epidemilogi menunjukan adanya hubungan terbalik antara konsumsi ikan dengan terjadinya penyakit jantung koroner. pada kelompok orang yang biasa mengkonsumsi ikan sedikitnya sekitar 30 gram sehari, resiko kematian akibat jantung koroner bisa di tekan kurang lebih sekitar 50% di bandingkan ter hadap kelompok orang yang tidak pernah makan ikan sama sekali. zat aktif yang berperan penting tersebut yaitu asam lemak omega3.
didalam penelitian lainnya menunjukan bahwa kelangsungan hidup pasien penderita jantung yang mengkonsumsi ikan sekitar 3 kali seminggu lebih panjang dari pada pasien yang tidak mengkonsumsi ikan sama sekali.
ikan ikan yang baik dikonsumsi adalah ikan yang banyak mengandung omega3. sedangkan omiga3 sendiri tersebut berasal dari ganggang laut yang dimakan oleh ikan tersebut., dan kemudian diakumulasikan dalam tubuh.
akan tetapi ikan laut yang mengandung omega3 dan baik untuk jantung anda, tidak termasuk udang, lobster,cumi, dan kerang.karena kelompok tersebut kandungan kolestrolnya lebih tinggi dibanding dengan ikan bersirip.

No Response to "biasakanlah mengkonsumsi ikan"
Leave A Reply